http://riadyawan.files.wordpress.com/2009/02/coba-aurora-animasi.gif If you are a business owner looking for investments in your business, or an investor seeking an opportunity to gain profits from risk-free investments, then Uinvest is the right place to realize you goals. We connect businesses and investments with one click!"

Friday, October 12, 2012

Berbisnis? Manfaatin Teknologi

Mengacu pada temanya kali ini saya coba fokuskan kepada manfaat teknologi dalam dunia bisnis. Teknologi Internet yang semakin canggih rupanya memberikan begitu banyak manfaat bagi semua orang termasuk para pelaku bisnis. Internet yang dianggap memberikan banyak pengaruh negatif kepada generasi bangsa ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan juga. Namun tergantung bagaimana seseorang menyikapi kemajuan teknologi seperti ini. Bahkan internet pun kini telah banyak dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.
Saat ini juga kehidupan manusia sudah mulai bergeser ke kehidupan komputasi persasif. Komputasi persasif adalah kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan mereka kapan dan dimana saja. Hal ini juga dapat dilihat kok dari perilaku manusia-manusia zaman sekarang ini yang sudah mulai terbiasa dengan komputer, internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan kebutuhannya dapat dibantu oleh teknologi informasi.
Namun perkembangan teknologi yang demikian pesatnya pada zaman sekarang, harus menjadi perhatian kita. Perkembangan dengan begitu cepatnya, kadang kita belum mengetahui sistem yang baru, sudah muncul lagi sistem yang lebih baru. Tentunya hal tersebut sebagai konsekuensi logis dari era globalisasi dan liberalisasi yang dipicu dan dipengaruhi oleh perubahan teknologi yang continue dan sangat cepat tersebut, oleh karena itu dunia bisnis dihadapkan pada suatu persaingan yang sangat amat tajam. Jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi yang ada kita takkan bisa bersaing dalam dunia bisnis. Bandingkan saja pebisnis yang sudah memanfaatkan teknologi dan pebisnis yang belum memanfaatkan teknologi internet. Perbedaannya akan terasa sekali dan tidak sedikit orang-orang yang melakukan bisnis secara online mampu meraup keuntungan yang belum pernah diduga sebelumnya. Hal ini tentu saja membuat para pebisnis yang belum memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu media pendukung mereka akan gigit jari karena mereka telah kalah bersaing dengan rival bisnis yang sudah memanfaatkan teknologi internet.
Oleh karena itu persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan adanya komunikasi yang baik pada suatu perusahaan yang sangat berperan dalam menghadapi berbagai situasi bisnis. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, dimana semua permasalahan bisnis dapat diselesaikan melalui teknologi informasi dan komunikasi. Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan bahkan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.
Bagi dunia bisnis, jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik, perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan layanan yang dikelola secara monopoli. Namun sekarang, Deregulation dan teknologi digital baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang dan mengoperasikan jejaring telekomunikasi internal dan privat untuk meningkatkan posisi kompetitif mereka. Dengan memanfaatkan TIK, sesuatu yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang telah menjadi sumber keuntungan kompetitif. Karena dengan memanfaatkan teknologi internet kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan transaksi dengan pelanggan, informasi pun akan tersebar dengan mudahnya apalagi jika dikelola oleh SDM-SDM yang berkualitas.
Suatu realita yang harus kita lihat secara teliti lagi, bahwa sains, teknologi dan kultur sudah bercampur aduk dalam kesatuan entitas, dan berdasarkan hal itu kemudian kondisi obyektif ini merekomendasikan pelaku bisnis di era teknologi modern ini harus mampu menangkap esensi hubungan. Tanpa kemampuan dan kejernihan melihat realitas ini, niscaya perkembangan bisnis baik gerak perusahaan maupun gerak kepemimpinan dan inisiatif tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan, paling hanya akan berjalan tanpa arah tujuan yang jelas saja. Jadi sudah jelas ya bahwa teknologi memberikan banyak manfaat terutama dalam berbisnis, memudahkan kita untuk bertransaksi, mempromosikan produk kita, dan mendapatkan informasi-informasi yang cepat. Namun teknologi bukan sekedar alat, atau bahkan memperalat kehidupan manusia, seyogyanya kita harus menyadari hubungan antara manusia dan teknologi itu sendiri. Para ahli teknologi meyakini bahwa teknologi tidak bisa dilihat sebagai entitas yang terpisah dari realitas hidup manusia. Teknologi bisa berada di lingkungan kita (telepon, faksimil, komputer, satelit dll), bahkan teknologi bisa menjadi ruangan/tempat yang nyaman dan sejuk (ruangan ber-AC), inilah sebagai bukti bahwa teknologi tidak bisa dipisahkan dari manusia.
Semoga bermanfaat yaa pembahasan mengenai manfaat teknologi dalam berbisnis ini, sebelumnya terimakasih kepada blogger tetangga yang sudah memberikan sumber inspirasi kepada saya dalam menyusun artikel ini http://faridaryany.wordpress.com
 
 
Media internet menawarkan prospek bisnis yang cukup menjanjikan kepada para penggunanya. Internet sebagai salah satu media informasi yang sangat sibuk mampu membuka lahan bisnis yang sangat menggiurkan. Dewasa ini rutinitas keseharian manusia sangat bergantung terhadap keberadaan internet untuk berbagai macam kepentingan. Internet membantu manusia dalam berbagai hal, sumber informasi, media sharing, pendidikan dan juga bisnis. Setiap pengguna internet memiliki kesempatan untuk mencoba beralih ke bisnis online dengan menggunakan metode yang dipilihnya. Internet memberikan anda opsi bisnis yang sangat banyak sesuai dengan minat dan keahlian anda. Dengan presentasi lalu lintas yang sangat padat bisnis online memanfaatkan jaringan internet memang telah menciptakan wacana bisnis yang mampu menarik minat banyak orang. Bisnis di internet tidak hanya dapat dijalankan oleh orang/komunitas tertentu. Online business terbuka untuk siapa saja tanpa harus bermodalkan background pendidikan tinggi. Keseriusan dan kelihaian seseorang akan menentukan sejauh mana dia bisa menuai hasil dalam menjalankan kegiatan bisnis online.
Sebagai media distributor berita dan informasi dengan tingkat kecepatan yang luar biasa internet memang menjadi serbuan banyak orang untuk mencari beragam kebutuhan sesuai dengan rutinitas dan profesi masing-masing. Anda tidak lagi harus bergantung pada media cetak dan televisi untuk mencari informasi yang anda butuhkan. Teknologi World Wide Web (WWW) mengubah segalanya menjadi serba mudah dan semakin cepat. Sisi kelebihan lainnya dari media internet adalah terletak pada fleksibilitas. Anda bisa mengakses internet kapan pun dan dimana pun. Berbeda dengan media-media lainnya yang hanya dapat anda akses pada kondisi tertentu. Media televisi hanya dapat anda buka dirumah atau dikantor, kalaupun bisa membukanya dengan ponsel yang sudah tersedia fitur tv nya ia tetap serba keterbatasan, yakni ukuran layar yang terlalu kecil sehingga kurang membuat anda nyaman. Dan internet dapat anda akses dimana saja, bisa menggunakan computer, laptop atau perangkat ponsel yang sudah mendukung fitur GPRS (General Packet Radio Service). Karena factor fleksibilitas yang tinggi ini lah internet dalam beberapa sisi mampu memintas keberadaan media lain.
Potensi bisnis di internet akhirnya mampu menarik minat banyak orang dengan beberapa keunggulan yang ditawarkan. Para pengguna internet lantas berlomba-lomba untuk menciptakan ide bisnis dan menjadikan internet sebagai ladang uang. Penghasilan dari internet menjadi sangat realistis apabila dilakukan dengan cara dan strategi yang tepat. Internet memberikan sumbangsih yang cukup besar terhadap grafik kemunculan orang-orang kaya baru, salah satunya adalah Mark Zuckerberg (pendiri jejaring social Facebook). Alumni Harvard ini sukses menjadi salah satu pemuda terkaya dengan kesuksesan Facebook menjadi the biggest social network dengan jumlah member lebih dari 850 juta orang. Bisnis internet tidak hanya dengan cara membuat situs jejaring social, dengan blog seseorang juga bisa mengecap kesuksesan. Sudah banyak blogger sukses yang mampu meraup ratusan juta dalam satu bulan. Bagi seorang newbie ini memang masih menjadi hal yang tampak mustahil untuk dapat direalisasikan, namun setidaknya hal tersebut sebagai bukti bahwa media blog memang mampu menjadikan anda kaya. Tergantung bagaimana anda bisa bersaing dengan sekian banyak pengguna lain bermodalkan ide-ide cemerlang yang anda miliki.
Selain menggunakan blog dan situs jejaring social, masih banyak model bisnis online lainnya yang bisa anda kembangkan menggunakan jaringan internet. Blog dan social network hanya dua dari sekian banyak opsi bisnis online yang bisa anda geluti. Anda juga bisa menciptakan toko online, menjual jasa, dan lain sebagainya. Setiap pengguna diberikan pilihan sesuai dengan skill dan model bisnis yang disukainya. Bisa dengan membuat situs social network, menjadi seorang blogger, membuat toko online, atau gaya bisnis online lainnya. Apapun jenis bisnis online yang akan anda tekuni ia membutuhkan modal yang cukup untuk bisa menikamati hasilnya. Modal yang dimaksudkan tidak selamanya berkaitan dengan materi. Selain materi anda sangat membutuhkan gagasan bisnis yang tepat, analisa yang kuat, kemampuan, strategi, keseriusan, waktu dan seterusnya. Tanpanya, harapan anda untuk bisa mendapatkan penghasilan online dari model bisnis yang anda tekuni akan sangat sulit untuk bisa terealisasi.
Beberapa tips untuk bisa sukses dari internet
Tentukan ide bisnis
Ini adalah salah satu modal awal yang sangat penting dan wajib anda miliki jika anda mendambakan kesuksesan dari bisnis online. Bisnis online membuka pilihan yang sangat luas, sesuaikan dengan keahlian dan ketertarikan anda. Skill tentunya dapat dikembangkan sambil anda mulai menekuni jenis bisnis online yang anda pilih. Namun, modal kecintaan terhadap jenis bisnis online yang anda pilih harus benar-benar anda miliki karena ini modal yang paling menentukan. Sepotensial apapun anda apabila anda kurang menyukai bidang bisnis online yang anda pilih hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dan apabila anda tepat dalam memilih ide bisnis sesuai dengan minat anda, maka anda akan semakin terdorong untuk melakukan pengembangan dan menyusun strategi secara baik. Perhatikan pada saat anda mengerjakan sesuatu, apakah anda bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat jika disuruh menyelesaikan suatu kegiatan yang bersebrangan dengan minat anda? Saya yakin jawabannya adalah tidak. Pilihlah bisnis online yang menurut anda ia benar-benar anda sukai dan bukan hanya karena factor iming-iming tingginya pendapatan.
Belajar
Sewaktu baru memulai siapapun pasti tidak berbekal kemampuan yang baik. Wawasan bisnis online yang dimiliki seseorang yang dalam hal ini baru pertama kali menekuninya pasti serba terbatas. Banyak hal-hal pokok yang belum diketahuinya. Masih banyak teori-teori bisnis yang harus dicernanya agar bisa bersaing dengan pebisnis online lainnya. Perbanyak diri anda dengan bekal ilmu yang memadai, dan jangan malas untuk belajar. Setiap pekerjaan apapun itu tidak bisa berbuah hasil maksimal apabila kita tidak memiliki cukup teori. Bisnis online menuntut anda untuk memiliki ilmu yang memadai karena rivalitas dalam menjalankan bisnis online sangat tinggi. Perkaya diri anda dengan wawasan-wawasan bisnis online serta cara untuk meningkatkan efektifitas dalam berbisnis online.
Analisa
Anda harus bisa memahami dengan sebaik mungkin apa sebenarnya yang sedang/akan anda lakukan. Adalah sebuah kesalahan apabila anda main terjun saja tapi tidak tahu kapan anda akan melakukannya dan kapan anda akan menyelesaikannya. Proses pengembangan dapat anda tingkatkan pada saat anda sedang dalam masa-masa pembelajaran. Banyaknya materi pembelajaran yang bisa anda konsumsi akan memudahkan anda untuk melakukan analisa terkait bidang bisnis yang anda jalankan. Analisa sangat penting, karena tanpanya anda tidak akan bisa mengukur potensi dan prospek bisnis yang sedang anda jalankan. Analisa anda harus tepat, salah dalam melakukan analisa sangat fatal akibatnya dan menjadikan model bisnis yang anda bangun berakhir dengan kegagalan.     
Tangguh sebagai seorang pebisnis online sejati
Seperti telah disinggung diatas bahwa bisnis online memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Bisnis online sejatinya sama saja dengan jenis-jenis bisnis lainnya dalam keseharian anda. Menekuni bidang bisnis menggunakan media internet sebenarnya sama saja dengan menjalankan type bisnis tertentu diluar dunia online. Disana anda akan menemukan banyak pesaing yang siap mengeliminasi anda manakala anda kurang siap untuk melakukan perlawanan. Sekali jatuh mengharuskan anda untuk bangun dan kembali mempersiapkan diri dengan strategi yang lebih tepat. Bangun ide-ide bisnis yang bisa membekali anda amunisi yang cukup untuk mewujudkan harapan anda menjadi seorang pebisnis online handal. Yakinkan diri anda bahwa anda siap untuk melewati kesulitan-kesulitan dalam persaingan.
Improve
Sama saja dengan anda berbisnis diluar dunia online, ia menuntut anda untuk menjadi seseorang yang inovatif dan senantiasa melakukan pengembangan. Impruvisasi sangat penting dan akan menentukan hasil akhir dari pekerjaan anda. Kembangkan ide-ide bisnis online anda sebaik mungkin dengan membangun strategi yang tepat. Jika anda merasa memiliki kekurangan tertentu, segera benahi celah tersebut agar anda benar-benar telah kembali siap untuk bertarung. Bisnis online menawarkan kesempatan yang tidak terbatas bagi anda untuk meraup banyak keuntungan. Penghasilan yang akan anda dapatkan menjadi tidak terbatas jika anda siap melakukan improve pada saat anda memiliki suatu permasalahan/kendala.
 http://geosya.blogspot.com
 

Pengertian Cerdas Dan Pintar Yang Sesungguhnya

 Sudahkah Anda mencerna dengan baik apa sebenarnya yang dimaksud cerdas, dan apa yang dimaksud pintar? Bagaimana Anda membedakan definisi yang sebenarnya diantara keduanya? Apakah Anda berkeyakinan bahwa cerdas itu selalu berada diatas kepintaran atau Anda berpikir bahwa orang yang cerdas adalah orang yang pintar? Cerdas dan pintar sangat erat dengan kehidupan social yang dijalani oleh manusia, dan dalam banyak temuan sebagian dari kita masih belum mengerti dengan baik apa sebenarnya yang dimaksud cerdas dan orang yang pintar. Ada definisi yang membedakan diantara keduanya. Ia terlihat sangat rapat, namun ada yang membedakan diantara keduanya. Dan dalam hal ini Anda perlu mencernanya dengan lebih dalam agar bisa mengerti dengan sebaik mungkin apa sebenarnya pengertian cerdas dan pintar dalam sisi pemaknahan yang luas serta pengertian yang sesungguhnya.
Cerdas adalah anugerah dari yang maha Kuasa. Kecerdasan itu merupakan suatu bentuk pemberian Tuhan yang dikaruniakan kepada manusia secara alamiah. Cerdas merupakan kemampuan daya tangkap seseorang yang lebih tinggi dalam memahami sesuatu dibanding orang yang tidak atau kurang cerdas. Tuhan memberikan kecerdasan kepada manusia sewaktu yang bersangkutan dilahirkan ke bumi. Orang tersebut dibekali otak cerdas oleh yang maha Agung. Jika Anda bertanya “mengapa?” hal tersebut tentunya menjadi rahasia sang Pencipta.  Yang akan kita kaji disini adalah pengertian cerdas dan pintar. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa cerdas itu merupakan anugerah dari yang maha Kuasa yang diberikan terhadap seseorang semenjak dia lahir. Orang yang cerdas belum tentu pintar, lalu apa perbedaan cerdas dan pintar? Sebagian banyak orang cendrung berpikir bahwa cerdas dan pintar adalah satu paket. Kondisinya belum tentu selalu demikian, dan dalam hal ini ada yang perlu kita ulas secara lebih luas berdasarkan keseharian kita sebagai makhluk social.
Kecerdasan lebih bersifat alamiah sebagaimana yang dijelaskan diatas. Sementara, pintar lebih kepada prilaku seseorang untuk menjadikan dirinya menjadi sosok yang pintar. Apakah bisa orang yang tidak cerdas menjadikan dirinya pintar? Bisa. Setiap sesuatu butuh pelatihan, begitu juga dengan pemikiran dan daya jangkau pemahaman seseorang. Orang yang tidak mengerti terhadap sesuatu yang ingin dipahaminya tidak harus bermodalkan kecerdasan untuk mencari tahu jawabannya, tetapi dia bisa mencari cara untuk memecahkan ketidaktahuannya sehingga dia pantas untuk dianggap sebagai orang yang pintar. Jadi, dalam hal ini yang dibutuhkan adalah bagaimana Anda bisa menjadikan diri Anda sebagai pribadi yang selalu bisa berpikir maju, berpikir untuk berbenah, berpikir untuk impruvisasi. Cerdas bukan factor mutlak untuk menjadikan seseorang bisa meraih keberhasilan dengan kemampuan berpikirnya yang lebih baik, karena pribadi yang pintar juga selalu bersikap dan berpikir maju untuk melakukan perubahan.
Uraian diatas mungkin masih menyisakan pertanyaan dihati sobat. Cerdas dan pintar memang sangat terkait rapat, dan justru disinilah yang menyebabkan banyak orang salah mengartikan pengertian diantara keduanya. Artikel ini bertujuan untuk menyingkap kesalahpahaman sebagian dari kita dalam menerjemahkan definisi cerdas dan pintar.
Logikanya seseorang yang dibekali kecerdasan akan lebih mudah untuk menguasai suatu bidang. Benar, ini bersifat mutlak. Apakah orang yang tidak cerdas menjadi tidak mungkin untuk bisa menguasai suatu bidang? Tidak, seseorang yang tidak atau kurang cerdas tetap bisa menjadi seorang master pada bidang yang digelutinya. Tergantung cara seseorang tersebut dalam memperjuangkannya serta cara dia dalam berpikir apakah bisa menjadi pribadi yang selalu berpikir maju dengan terus melakukan impruvisasi. Apakah bisa orang yang tingkat kecerdasannya rendah untuk mengalahkan orang yang cerdas? Sangat bisa sekali. Kembali pada pribadi yang dimaksud. Jadi, prilaku, sikap dan kebiasaan itu sangat menjadi penentu.
Cerdas dapat diartikan sebagai bekal seseorang yang telah dianugerahkan Tuhan kepadanya untuk bisa mencerna sesuatu dengan lebih mudah. Cerdas tidak bisa Anda tentukan, namun bisa Anda bangun. Pintar bukan berarti harus berbekal kecerdasan, dan siapa saja bisa menjadi orang pintar. Cerdas adalah alat, dan pintar adalah hasil. Jadi, orang yang cerdas belum tentu pintar, dan orang yang pintar selalu berada diatas orang yang cerdas. Anda cerdas tetapi tidak memanfaatkannya secara maksimal, pastinya Anda bisa membaca adakah yang bisa Anda raih? Anda kurang cerdas, tetapi Anda selalu berpikir maju dan melakukan banyak impruvisasi/pengembangan, Anda bisa menerka kan hasilnya? Nah, dari sini saja sudah bisa terbaca bahwa orang yang kurang cerdas mampu memintas orang cerdas. Jangan salah, cerdas itu modal alamiah yang bisa memudahkan seseorang untuk memahami dan menciptakan suatu kreasi, tapi bila yang bersangkutan tidak menggunakannya dengan baik, maka kecerdasan tersebut tidak akan berarti apa-apa dan tidak menutup kemungkinan ia akan beranjak menghilang dari dirinya.   
Yang memberikan kecerdasan itu Tuhan, tapi Anda masih diberikan kesempatan untuk memperbaikinya. Dan yang menjadikan diri Anda pintar adalah prilaku dan sikap Anda sendiri.  
 

No comments:

Post a Comment